Kumpulan Puisi Masyhuri

Kumpulan Puisi, Sajak, Kata Bijak, dan Geguritan

Nasibe Puisi; Puisi Jawa Ngapak/Geguritan

Puisi jawa atau yang disebut geguritan (berasal dari bahasa Jawa Tengahan, kata dasar: gurit, berarti "tatahan", "coretan") merupakan bentuk puisi yang berkembang di kalangan penutur bahasa Jawa dan Bali. Geguritan berkembang dari tembang, sehingga dikenal beberapa bentuk geguritan yang berbeda. Dalam bentuk yang awal, geguritan berwujud nyanyian yang memiliki sanjak tertentu. Di Bali berkembang bentuk geguritan semacam ini. Pengertian geguritan di Jawa telah berkembang menjadi sinonim dengan puisi bebas, yaitu puisi yang tidak mengikatkan diri pada aturan metrum, sajak, serta lagu. Geguritan merupakan salah satu penciri sastra Jawa Modern yang sangat berkembang, diajarkan di sekolah-sekolah dan kerap dilombakan. (sumber: Wikipedia).
Geguritan
Geguritan dikarang dengan berbagai versi seperti geguritan jawa alus (krama inggil), geguritan jawa krama madya, dan geguritan jawa ngapak purwokerto banyumasan atau geguritan jawa ngapak gombong kebumenan.

Nah, dalam rangka ikut serta nguri-nguri puisi jawa ngapak (khususnya ngapak kebumenan), di halaman ini, Masyhuri asli orang/wong Kebumen menyuguhkan karya perdana geguritan jawa ngapak yang berjudul "Nasibe Puisi". Silakan simak puisi jawa ngapak Kebumenan di bawah ini.
Puisi Jawa Ngapak Geguritan

NASIBE PUISI
(Karya Masyhuri 15/05/2017)

Semilir angin wengi ....
Dadi batir aku sing lagi ndeweki
Sinambi ngemil karo ngopi
Golet aksara reka-reka gawe puisi

Aku wis ngerteni ....
Wis ora zaman,
wis langka wong doyan maca tulisan sing kakehen parikan
Anggepane kaya ora ana gawean

Tek deleng wulan karo lintang
Kaya-kaya ngomong, aweh saran
Men aku tetep gawe tulisan
Melu jejake para sastrawan

Ben...wong pada madani
Anane puisi nang zaman siki
Ora papa...ora tek gawe ati
Puisi kanggoku tetep sugih arti
Ora mung sekadar hoby
 
Back To Top