Kumpulan Puisi Masyhuri

Kumpulan Puisi, Sajak, Kata Bijak, dan Geguritan

Puisi tentang Takdir Kehidupan

Menurut Wikipedia, Taqdir/Takdir (Arab: قدر, qodar) adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi karena pilihan makhluk itu sendiri, yang akan dipertanyakan dan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah di Mahsyar kelak.

Sedangkan di http://madrasahmassahar.blogspot.co.id/ didefinisikan bahwa Takdir adalah ketentuan suatu peristiwa yang terjadi di alam raya ini yang meliputi semua sisi kejadiannya, baik itu mengenai kadar atau ukurannya, tempat, maupun waktunya. Dengan demikian segala sesuatu yang terjadi di alam raya ini ada takdirnya, termasuk manusia.
Puisi tentang Takdir Kehidupan
Dilangsir dari http://skyhighfams.blogspot.co.id/ , bahwa Takdir ada 2 macam yakni Takdir Mubram dan Muallaq:

1. Takdir Mubram : Yaitu takdir Allah yang tidak dapat diubah, tidak dapat memilih serta tidak memiliki kemampuan untuk mengubahnya. Takdir Mubram ini terdapat pada sunnatullah yang ada di alam raya ini. salah satu contohnya adalah Kelahiran dan Kematian manusia. Salah satu contohnya adalahperjalanan matahari, bulan dan planet-planet lainnya sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan Allah.

2. Takdir Muallaq : Yaitu takdir yang dikatkan dengan sesuatu yang lain. Takdir ini dapat diubah dan manusia diberi akal dan hati nurani untuk memilihnya, karena pada prinsipnya dalan kehidupan ini, ada sisi-sisi positif dan negatif yang akan selalu mengikuti perjalanan panjang manusia. Sisi positif dan negatif tersebut disebut dengan takdir dalam kontek takdir muallaq atau kata lain adalah Nasib.

Puisi tentang Takdir

Takdir
(Karya: Masyhuri, 17 Maret 2017)

Semua sudah tersurat yang tampak ataupun yang tak terlihat
Akan segala fenomena hikayat
Melalui perhitungan yang MAHA AKURAT
Sedang kita tak sedikit pun....dapat berfirasat

Untuk apa dan mengapa harus berdebat?
Dan kita hanya kuasa berkiblat
Itu keharusan kita sebagai umat
Nan penuh dengan dosa dan maksiat

Hidup...mati...lalu hidup lagi
Era dan masa yang selalu datang dan pergi
Berganti dan terus berganti
Aplikasi dari kehidupan duniawi
Takdirlah jawaban akhir hidup mati insani
 
Back To Top